Senin, 26 April 2010

Dari Kerbau Menjadi Sapi Semua itu Mungkin dengan menggunakan Blender.

Secara akademis dan kemampuan skill pribadi, saya tidaklah terlalu berbakat dalam hal grafis – dan seni gambar. Tapi saya mempunyai keyakinan semua dapat di pelajari, meski tidak akan semudah orang yang sudah diberikan bakat alam untuk kemampuan tersebut.
Bermula dari pulang kerja – kebetulan hari itu hari Jum'at malam – di atas selembar kertas dengan pensil yang kelihatan sudah usang mencoba membuat sketsa karakter monster. Waktu orat-oret tersebut tidak terpikirkan mau menggambar karakter dengan tema yang bagaimana, hanya on the flow saja tercipta 4 buah karakter – yang kelihatannya tidak begitu sempurna detail, namun dapat mewakili ke empat karakter yang terinspirasi dari kulawarga pawayangan tumaritis Family, Sinatria, Dawala , Sastra dan Gareng.
Dengan tidak bermaksud keluar dari pakem karakter tokoh tersebut diatas. Saya pun sedikit memplesetkan gambar tersebut ke karakter binatang. Dan sekali lagi ini adalah monster yang mana tidak ada pakem aturan seperti membuat karakter manusia. 

Dibawah ini gambar-gambar yang tercipta – dan masih taraf WIP ( Work In Progress ) . mungkin akan ada penyempurnaan ( bisa saja pengurangan bagian yang tidak perlu, atau penambahan bagian yang di butuhkan ) sekali lagi ini adalah work in progress.
tidak lama setelah proses scanning objek kertas menggunakan scanner – saya langsung kirimkan kepada rekan kerja – senasib dan sepenanggungan.. karakter diatas – dan saya me
minta untuk memberikan sketsa detail dari karakter yang saya ajukan, karena saya menilai teman saya ini adalah kompeten dalam hal sketsa gambar – meski ada satu kekurangan yang dia akui yaitu dia belum bisa berimprovisasi dengan warna. Dia bilang sih meski banyak tapa dulu.

Satu karakter yang ia tangkap dan ia sempurnakan – dia mengatakan bahwa karakter yang paling atas mirip dengan karakter Mintour ( saya juga ngga tau apa itu ) cuma dia memberikan sketsanya seperti dibawah ini dengan perubahan yang cukup nyata yaitu dibagian kaki, al-hasil menjadi karakter seperti dibawah ini .
Sketsa Pertama -











Yang membuat saya senang hati adalah – dia memberikan sketsa lengkap juga yaitu dengan memberikan gambar front-side, yang cukup
membantu dalam pembuatan model menggunakan program grafis Blender yang akan saya lakukan.

Banyak belajar dari tutorial sangat berguna juga, dan sangat-sangat berguna apalagi yang saya pelajari merupakan hal yang baru. Thank's to my bro Sastra Jingga.
Seminggu sudah sketsa ada dalam Laptop ku, bahasa sunda mandeg mayong mau ngerjain modelling karakter yang sudah ada tersebut. Namun berawal dari tantangan sebuah website http://blenderindonesia.org dengan tema 3D modelling challenge – kemudian kami berdua pun bersepakat untuk mengikuti tantangan tersebut. Namun di karenaka satu dan lain hal akhirnya batal juga. Masalahnya cukup sepele – dimana kabar dari adanya tantangan tersebut
didapatkan hari Jum'at sedangkan masa deadline adalah Sabtu Malam Minggu – 2 hari kemudian. Dengan sedikit kenekatan saya pun kembali setelah hampir lebih 2 tahun tidak menginap – demi untuk menyelesaikan tantangan buat kami akhir nya saya putuskan menginap meski pada akhirnya tidak selesai. Progress pertama untuk modelling pun akhirnya selesai. Target kami adalah hanya ingin membentuk saja belum memberikan detail. Dan ini hasil begadang semalam suntuk ---
Segini Dulu yah .. Ntar d lanjut...



2 komentar:

Sastrajingga mengatakan...

u doin great my bro... ane cma bisa sharing dan helping apa yang ane bisa... me too have to learn much... smoga dari ketertarikan dan keinginan untuk mempelajari hal baru bisa menjadi pendorong bwat kite2 untuk menatap masa depan yang lebih baik...
thanks to u too for ur support brother...

------------
jangan biarkan tanganmu diam(dari kreativitas)
blajar bareng nyok...

Kang Prabu Sinatria Anom mengatakan...

siip Bro, cuma sekarang kita sedang mati suri... ngga tau kapan kan bangkit lagi.... moga saja - seiring berjalan waktu kita bisa kembali bersemangat... CAYOU Bro...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons