Rabu, 01 Desember 2010

30 November 2010 Ku Berganti Rupa





Mungkin selama ini kita hanya mengetahui proses pergantian kulit yang dilakukan oleh hewan reptilia, sebagai contoh adalah ular. Namun hal tersebut bisa terjadi pada dunia komputer salah satunya adalah Laptop saya ini, setelah hampir menginjak usia 2 tahun menggunakan sistem operasi Ubuntu 8.10, akhirnya bisa beralih rupa menjadi Ubuntu 10.04. Bagus juga dan bahkan sangat-sangat bagus untuk laptop Acer 4520 saya, yang 2,5 tahun lalu kumulai cicil hingga akhirnya lunas pada bulan Mei 2010. he'he' :). 

Sebetulnya sudah lama ingin berganti rupa Sistem Operasi, namun apa daya DVD RW yang terpasang di laptop saya sudah hampir setahun mengalami kerusakan, hingga akhirnya ya tidak bisa dipakai. Sedih juga, kesel juga tapi dari balik kesedihan dan kekeselan tersebut terkandung hikmah. Alhamdulilah dengan segala daya sisa uang 3 bulan kebelakang saya beli alat konverter dari SATA/IDE ke USB, maksud saya beli alat tersebut agar saya ngga usah beli DVD RW External, yang bagi saya merupakan barang yang lumayan mahal + 500.000 rupiah, kayaknya cukup merogoh saku celana dalam-dalam deh, he'he. Tapi harus dibayar dengan penambahan perangkat DVD-RW yang konvensional yang biasa digunakan di PC, yang cukup besar. Ya pastinya jadi ngga praktis. Tapi prinsip saya bila ada jalan yang lebih murah kenapa harus cari cara mahal. Toh juga hasilnya sama, nginstal-nginstal juga.

Secara pribadi saya merasa bangga dengan menggunakan Ubuntu ini, disamping sistem operasi yang tidak berbayar, banyak pekerjaan-pekerjaan saya yang terbantu dengan menggunakan sistem operasi ini. Diantaranya untuk mengolah dokumen, mengolah gambar, koneksi internet baik itu dengan kabel ( wired ) ataupun tanpa kabel ( wireless ). Saya juga menerapkan apa yang telah digariskan oleh peraturan yaitu saya mencoba untuk menggunakan produk yang halal untuk digunakan, karena memang murah bahkan tidak berbayar sama sekali. Mungkin akan sedikit beda dengan sistem operasi yang berbayar, sebagai contoh Windows dari Microsoft Corp. Kalaupun saya sendiri mampu beli yang berbayar, saya pun akan beli namun yaa kemampuan seperti ini, prinsip saya dari pada beli bajakan mending pake yang gratis.

Terus apa kelebihan Ubuntu 10.04 ini daripada yang dulu Ubuntu 8.10, ya dari seri sama tahun pemunculan juga berbeda, Ubuntu 8.10 itu muncul pada bulan 10 tahun 2008, sedangkan versi ubuntu 10.04 muncul pada bulan 4 tahun 2010 yang tentunya seperti kita ketahui bahwa setiap muncul software yang baru pasti dari segi kualitas dan daya dukung juga akan sangat kelihatan, pasti banyak kelebihan yang ditawarkan, untuk sementara ini yang saya rasakan dari tampilan grafis sangat menarik dan bagus. Dan dirasa-rasa malah tambah ringan di Laptop saya ini yang mungkin agak sudah jadul nih laptopnya. Dengan processor AMD Turion 2GHz, dan Memori 1 GB, Harddisk 120 GB, dan VGA Nvidia Geforce 2000M, kenceng juga kayaknya. Tapi tetep bangga dengan milik sendiri, hasil sendiri, meski dari nyicil, He'he'.

Pernah suatu hari saya di tanya kenapa pake Ubuntu ? Bahasa sunda bilang Legeg, kan masih ada produk Microsoft dengan Windowsnya. Murah juga kan di pasaran hanya 25.000 rupiah per satu keping DVD, support hardware sama software juga bagus katanya, kalo ada yang mudah kenapa pake yang susah?.

Ya tapi yang anda pakai itu produk “ bajakan “, coba sekarang kita bayangkan kalau kita buat suatu produk kemudian dijual di pasaran, akan tetapi produk anda tersebut ada yang mengambil atau meniru bahkan membajak hingga harga yang ditawarkan murah, ! Masalah yang saya bicarakan produk software lho yah...

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons