Minggu, 19 Desember 2010

Bijak dengan Teknologi ! maksudnya ?

Bijak dengan Teknologi ! maksudnya ?
Pertanyaan ini yang mungkin muncul di benak para pengunjung Blog ini, kenapa saya mengambil sebuah tema besar tentang bijak dengan teknologi ini, dan dengan alamat goodusers.blogspot.com. , yang mengandung arti siapa pun anda, anda adalah orang yang mempunyai perhatian khusus terhadap bagaimana menjadi seorang pengguna komputer yang baik ( goodusers ). Tidak ada maksud lain yang menjadi sasaran saya adalah mengajak para pengguna untuk lebih bijak dalam mempergunakan teknologi, teknologi apapun tidak terbatas ruang dan waktu. Teknologi Komunikasi Informasi merupakan salah satu teknologi yang maju pesat pada saat ini. saat ini siapa yang tidak kenal dengan internet. Ya bahkan tukang becak sekalipun sudah kenal dengan namanya "FB" - mungkin juga sering mendengar dari rengekan anaknya yang mempunyai keinginan punya HP, yang bisa FB-an. mungkin disinilah mengetahui tentang FB. Hehehe.

Bijak dengan teknologi disini saya lebih berkonsentrasi dengan Open Source. Ya penggunaan legal Software tanpa terbebani dengan pembajakan, isu ini yang lama berkembang dan kita akan sangat sulit untuk terlepas dari budaya pembajakan. selama kita tidak mempunyai keinginan yang kuat dan punya motto " Pake Yang Gratisan dari pada Pake yang bajakan ", kata ini mungkin akan sangat terdengar ekstreem manakala bertemu dengan orang-orang yang akan tetap bertahan dengan software bajakan mereka. Bahkan mungkin kita atau bahkan saya sendiri yang berkeinginan kuat untuk konsen dalam open source ini dituntut, dengan pertanyaan " Apa saja yang bisa anda lakukan dengan software gratisan ??? jangan sok-sok-an katanya ! kalo ada yang murah kenapa harus yang susah katanya !...

Kawan, terus terang saya salah seorang yang selalu ingin merasa aman, nyaman dengan apa yang saya gunakan, aman karena apa yang saya miliki dan saya gunakan jelas kepemilikannya, nyaman selama saya menggunakan tanpa keraguan, dan hati ini merasa tenang.

Takkan cukup waktu satu atau dua tahun untuk memahami proses ini, saya sendiri berjalan dengan opensource yang saya gunakan hampir memasuki tahun ketiga, ya banyak suka dan duka, terasa terasing dalam sepi, tiada guna dan manfaat, terjauh dari kepraktisan dan kemudahan, semuanya didapat harus dengan kerja keras dan keringat,dengan memeras otak dan tenaga ya itulah opensource, membuat pengguna menjadi Open Mind - Membuat pengguna mengetahui makna keterbukaan informasi dan komunikasi - bukan jaman lagi ketika kita mampu tidak kita share ke orang lain, tapi jaman ini adalah jaman berbagi.

Ubuntu- salah satu opensource yang menarik perhatian saya. begitu mudahnya, begitu banyak belajar saya darinya -- ya begitu indah opensource, ditengah dilema perang besar antara sistem berbayar dengan hasil yang memuaskan dan digunakan oleh " yang katanya profesional ". ada sebertik harapan dari yang open source tawarkan, membuat saya lebih banyak belajar.

Sekali lagi saya takkan bisa merubah semua paradigma besar ketergantungan kepada software berbayar yang dibajak. Kalau memang mampu untuk membeli ya Mendingan Pake Yang Berbayar -- asal jangan Bajak . Akan tetapi bila uang ngga ada so jangan coba-coba membajak, mendingan beralih ke opensource. Lebih aman, lebih nyaman - kalo anda pergi ke bandara terus bawa laptop dan kebetulan ada razia terus anda pake bajakan -- waduh ngga kebayang .. hehehehehe

Semangat berbagi adalah misi kami, meski kami ngga tau arah keuntungan yang kami peroleh, dari berusaha opensource ini, namun kami yakin dengan menggunakan produk yang bukan bajakan, hati kami merasa nyaman. meski untuk saat ini baru sedikit yang bisa kami hasilkan.

Thank's for Read

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons