Minggu, 26 Desember 2010

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kompleks Perguruan Muhammadiyah – Menuju Sekolah yang Berkualitas dalam Mendidik Siswa dan Menjadikan Siswa yang Berprestasi dan Berakhlak Mulia

Teknologi informasi dan Komunikasi ( TIK ) adalah terjemahan dari Information and Communication Technology ( ICT ). TIK / ICT mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. TIK / ICT dapat diartikan pula segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu yang memproses dan mentransper ( memindahkan ) data dari satu perangkat keperangkat yang lainnya.

Saat ini masuknya Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Bahkan pemerintah sebagai pemegang kebijakan dalam segala hal yang menyangkut perkembangan dan peningkatan pendidikan yang di amanahkan kepada Dinas Pendidikan dan lebih dekat lagi adalah sekolah-sekolah melalui stack holder yan terdapat dalam sekolah telah memberikan sinyal yang begitu kuat akan pentingnya keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan dan peningkatan dunia pendidikan di Negara Tercinta Kita Indonesia. Hal ini disebabkan dari kelebihan yang dimiliki oleh teknologi informasi dan komunikasi yang menawarkan efektifitas kinerja yang sangat tinggi.

Dibawah ini yang bisa dijadikan sebagai referensi bahwa sangat besar manfaat dan potensi yang dikandung dari diterapkannya teknologi informasi dan komunikasi melalui komunitas sekolah.

Manfaat TIK bagi Guru

Efisien dan efektif, memperkecil kesalahan persepsi, mengatasi kekurangan alat, mengembangkan kemampuan TIK dengan belajar mandiri Berinisiatif, Inovatif , Kreatif dan bertanggung jawab. Berkomunikasi dengan sesama guru secara regional, nasional maupun internasional. Memperoleh materi ajar secara cepat dan murah dalam upaya mengembangkan bahan ajar.

Manfaat TIK bagi Siswa

Interaksi siswa dan guru, siswa dengan siswa, dan guru dengan siswa melalui E-Mail, Millis, e-learning, bahkan dapat membangun komunikasi secara maya yang takkan terhalang oleh jarak yang jauh, komunikasi akan lebih cepat dan efisien.

Manfaat TIK bagi Tenaga TU dan Adm Sekolah

Pengelolaan Data Induk, Data Guru, Data Siswa, Keuangan, PSB ( Penerimaan Siswa Baru ), Administrasi Sekolah.

Manfaat TIK bagi Tenaga Perpustakaan

Pengelolaan data buku, data peminjaman, data pengunjung, E-Book

Manfaat TIK bagi Orang Tua

Web Sekolah, Pengumuman, Potret Sekolah dll. SMS kehadiran Siswa, jenis aktifitas siswa jadwal pelajaran, Nilai, Informasi Umum, Kelulusan

Teknologi informasi dan Komunikasi di Sekolah Muhammadiyah

Perguruan Muhammadiyah Antapani secara terus menerus dan konsisten akan meningkatkan kualitas pengajaran bagi para peserta didiknya yaitu dengan dihadirkannya Lab. Komputer yang sangat membantu dalam proses belajar mengajar khususnya teknologi informas dan komunikasi telah menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai dengan adanya dua buah Lab. Komputer, dimana salah satu lab tersebut sudah terkoneksi ke jaringan Internet yang selanjutnya disebut dengan Lab. Cyber, disediakan untuk menunjang segala bentuk usaha demi peningkatan kualitas belajar mengajar dilingkungan Perguruan Muhammadiyan Antapani. Dan lab yang lain yang merupakan sarana belajar bagi siswa dan guru dalam pemanfaatan desktop komputer dalam membantu pekerjaan baik tenaga tata usaha ataupun tenaga yang lain. Dengan demikian kelengkapan yang ada sudah semestinya di manfaatkan secara maksimal dan berkesinambungan, dan karena itu jika merasa kurang mampu dalam melaksanakan itu semua perlu diingat bahwa hidup adalah belajar untuk belajar hidup. Semua perangkat pendidikan ataupun tenaga kependidikan dari perguruan muhammadiyah dituntut untuk bisa mengembangkan bahan ajar yang lebih kreatif dan menyenangkan khususnya yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya adalah bahan ajar yang tengah dirilis oleh penulis, yaitu materi ajar berbentuk CD Pembelajaran, dan bahkan penulis juga membuat website dalam format blog yang memberikan informasi-informasi seputar pembelajaran dan juga disebagai sarana komunikasi antara penulis sebagai seorang guru dengan peserta didik, rekan guru, orang tua dan staf pimpinan disekolah. 

Demikianlah catatan kecil ini dibuat, seperti kata pepatah mengatakan “Ikatlah ilmu dengan Tulisan” mencoba apa yang telah di dapat dan sedang dilaksanakan tidak hilang ditelan zaman, maka itu penulis tuliskan dalam blog ini. Mudah-mudahan bermanfaat – Padalarang 26 Desember 2010

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons