Rabu, 01 Juni 2011

Yuk! Kita kenali apa itu open source ?


Penggunaan produk software berbayar cukup banyak di-Indonesia, dari yang mulai resmi membayar dengan sejumlah dana, sampai dengan yang membeli bajakan. Kondisi pembajakan di Indonesia ini sangat mengkhawatirkan sebab Indonesia saat ini telah berada dalam urutan kelima negara yang paling banyak melakukan pembajakan didunia. Suatu prestasi yang tidak membanggakan.

Pada kesempatan kali ini sesuai dengan janji penulis maka akan dibahas tentang apa itu open source ?, mungkin bagi kalian baru mendengar kata itu yah?, baiklah penulis akan sedikit mengulas dari apa yang ada di situsnya Wikipedia.org. Tentang apa itu opensource. Jika kalian ingin mencoba untuk melihat sendiri buka internetnya kemudian masuk ke situs wikipedia.org kemudian cari opensource itu apa. ya..

Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.” ( Sumber : wikipedia.org )

Nah opensource dalam hal ini adalah berkaitan dengan software / program komputer sahabat. Tentunya kalian kenal dong yang namanya Sistem Operasi Windows 7 ( windows seven ) yang dari Microsoft Corp. , atau kalian kenal juga dengan Microsoft Office Word 2007, atau mungkin ada yang sudah kenal dengan program Photoshop atau Corel Draw? Nah kesemua itu adalah software komputer atau yang lebih dikenal dengan program komputer sahabat.

Semua program tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan besar, sahabat, sebagai contoh Windows dibuat oleh Microsoft Corp, tentu kalian ingat siapa pendiri Microsoft ini , ? ya betul dia adalah Bill Gates. Sama halnya dengan Microsoft Office. Nah untuk Photoshop dimiliki oleh perusahaan yang bernama Adobe sahabat. Tentunya kalian juga tahu dong pastinya kalau semua produk software tersebut tidaklah gratis alias harus bayar dengan harga tertentu dari mulai juta sampai puluhan juta lho, mahal ya..?. Dan disamping harus bayar juga kita ngga bisa tahu kode-kode program yang membuat software-software itu. Artinya kita hanya beli hasil dari produknya, dan kita ngga dikasih tahu seperti bahan-bahannya apa ,selain ini kita juga dilarang untuk menyebarkan kembali produk yang kita punya untuk dipasangkan atau diinstalkan dikomputer lain. Nah inilah bedanya dengan yang opensource, kalau yang opensource itu semuanya bisa dibilang gratis sahabat, kenapa demikian karena opensource ini dibuat oleh banyak orang. Jadi setiap orang yang ada didunia ini bisa ikut kontribusi ( memberi bantuan ) untuk mengembangkan software-software opensource, tentunya yang bisa bahasa program komputer, kalian pun nantinya bisa lho, kalau kalian sudah mahir dalam membuat program komputer. keren bukan?. Makanya belajar yang rajin ya,

Dengan opensource segala aturan yang disebutkan diatas, seperti kita diharuskan untuk membeli, kita tidak tahu kode programnya, kita juga tidak bebas untuk menyebarluaskan program tersebut, didalam opensource tidak mengenal istilah ini sahabat, dengan opensource kita bebas menggunakan produk opensource ini untuk keperluan pribadi lembaga maupun perusahaan, kita bebas untuk menggandakan dan membagikannya kepada yang membutuhkan. Dan semuanya itu adalah free atau bebas.

Sebagai analogi sederhana penulis ibaratkan produk atau software itu adalah makanan sebagai contoh Donut'. Kalo donat yang kalian dapatkan dari perusahan yang berbayar kalian mungkin diharuskan membayar dengan jumlah tertentu dan kalian juga tidak dikasih dokumen atau catatan bagaimana cara membuat donat tersebut dan bahan-bahannya apa saja. Berbeda jika kalian diberi donat yang hampir sama tentunya dengan rasa yang berbeda dari donat pertama akan tetapi kalian tidak diwajibkan untuk membayar silakan ambil, hanya ada biaya ongkos untuk ngirim atau bungkusnya saja, atau kalian bisa menyumbang donasi semampunya disamping itu kalian juga akan diberikan dokumen berupa catatan bagaimana cara membuat dan bahan-bahannya, tidak hanya itu kalian juga diperbolehkan untuk memberikan saran atau menambah cita rasa dari donat tersebut dan kalian juga bisa mendistribusikan kembali donat yang telah kalian racik sendiri kepada orang lain.

Terus gimana dong kalau kalian ternyata tertarik untuk memakai program opensource, baiklah penulis akan memberikan referensi produk-produk opensource yang umum digunakan sebagai pengganti dari produk-produk berbayar.

Software
Berbayar
Free Opensource
Sistem Operasi
Windows ( XP, VISTA, 7)
Linux Mint, Ubuntu, Blankon, IGOS.
Aplikasi Perkantoran
Microsoft Office (Word, Excel, Power Point )
Libre Office ( Writer, Spreadsheet, Presentation )
Multimedia ( Play Film atau Lagu )
Media Player, MP3,
Movie Player,Audacious,VLC, Xine,
Menggambar Vektor
CorelDraw
Inkscape
Menggambar Bitmap ( Pengolah Photo )
Photoshop
GIMP
Animasi 2D
Adobe Flash
Synfig
Animasi 3D
3DStudio Max
Blender
Web Browser
Internet Explorer ( Include di Sistem Operasi )
Mozilla firefox, Namoroka, Chrome,
Movie Editing
Windows Movie Maker
KDEINLIVE

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang software-software tersebut kalian bisa searching menggunakan mbah google diinternet. ya... cukup ketik yang ingin kalia cari misal “ Blender 3D “, atau “Synfig 2D”.

Bebas tidak juga berarti gratis, tentu saja kalau dibandingkan dengan produk yang berbayar seperti yang disebutkan diatas akan jauh. tidak gratis disini kalian akan dikenakan biaya untuk penggantian biaya penggandaan CD/DVD bisa juga ditambahkan dengan biaya ongkos kirim bagi yang memesan dari tempat yang jauh. Atau biaya koneksi internet untuk proses mengunduh software tersebut.

Dengan penggunaan program komputer yang opensource ini tentunya kita akan lebih terhormat dengan menggunakan program yang bukan bajakan. Meskipun disisi yang lain kalian akan kesulitan untuk mempelajarinya, dikarenakan kalian sudah terbiasa dengan program yang sudah ada, meski sebagian besar program tersebut adalah program bajakan. Kalian akan dengan bangga menggunakan produk-produk yang baik, sebab kita tidak melakukan pembajakan software. Demikian artikel ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Yang penting jangan berhenti untuk belajar ya..

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah keren... makasih infonya mas...

Ridlo mengatakan...

keep posting gan.. nice share nie... bermanfaat bgt

Kang Prabu Sinatria Anom mengatakan...

Ya.. mas makasih dah mampir dan kasih komen.. hidup terus opensource...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons